It (Always) Teaches You Something

Apa menurutmu jatuh cinta satu kali, pacaran satu kali, menikah dan hidup bersama selamanya; kesemuanya hanya dengan 1 orang yang sama itu romantis? Indah?
Well, you may be right. Tapi menurutku, jatuh cinta (dan patah hati) berkali-kali itu lebih baik. Karena pengalaman itu selalu mengajarkan sesuatu.

Aku, misalnya. Sampai detik ini aku telah jatuh cinta (dan patah hati) 3 kali. Pengalaman yang pertama mengajarkanku bahwa cinta tidak akan bertahan selamanya jika jatuh pada orang yang memang tidak ditakdirkan untuk kita. Saat itu aku yang masih idealis termakan kisah-kisah fiksi dan lirik-lirik lagu romantis berpikir bahwa satu perasaan cinta itu untuk selamanya, bahwa kita dapat menunggu berminggu-minggu, berbulan-bulan, bertahun-tahun. Ternyata tidak. Kekuatan Yang Luar Biasa akan membantumu melupakannya… dan hidup terus berjalan. Lalu kau jatuh cinta lagi šŸ™‚
Maka dari itu, ketika pengalaman serupa terjadi lagi, aku sudah siap. Siap jika semua tidak berjalan lancar, maka ini akan berhenti di sini. Bahwa kami memang tidak akan ada di masa depan satu sama lain. Tapi pengalaman ini mengajarkanku satu hal lain: kita memang tidak bisa menentukan kapan, di mana, atau bagaimana kita jatuh, tapi kita bisa memutuskan apakah kita akan terus berada di situ atau bangkit dan meneruskan perjalanan.
Pengalaman ketiga adalah pengalaman yang menurutku magical. I didn’t even know how or when it started, tiba-tiba saja aku merindukan hadirnya dalam tiap detik waktuku. Yang ketiga ini juga yang memberiku paling banyak pelajaran; membuatku jauh lebih mengenal diriku sendiri. Membuatku memahami bahwa patah hati itu indah; karena saat itu kau jadi tahu siapa yang sungguh ada untukmu, bahwa kau memiliki teman-teman yang berharga.

Bahagialah mereka yang jatuh cinta (dan patah hati) berulangkali. Mereka beroleh kesempatan merasakan banyak hal yang ada di dunia ini. Menikmati berbagai perasaan yang bisa ditawarkan oleh kehidupan ini. Memetik bermacam pelajaran yang diajarkan tiap pengalaman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: