Posted in celoteh

Lesson #1: DON’T JUDGE PEOPLE’S SEX BY THEIR NAMES

Oke, kalau soal saya dipanggil Mas, Pak, Kang sudah nggak usah dipertanyakan lagi lah ya… Tak terhitung… dan memang ga dihitung sih. Tapi yang terjadi sore ini lumayan memancing tawa saya. Begini ceritanya:

Saya mendapat email, yang pertama berbunyi:

“Selamat sore Mas Casper, *bla bla bla*”

Email itu segera disusul email lain yang berbunyi:

“*Revisi

Selamat sore Mba Casper, *bla bla bla*”

Membaca ini saya mendengus tertawa, geli. Tawa itu kemudian pecah ketika saya memperhatikan siapa pengirimnya. Citra, namanya, dan dia seorang bapak, hahaha…

Nyatanya memang jenis kelamin seseorang tidak bisa dilihat dari namanya. Vicky pertama yang saya kenal adalah seorang laki-laki, tapi Vicky-Vicky berikutnya adalah perempuan. Aulia pertama yang saya ketahui adalah seorang perempuan, tapi 3 Aulia berikutnya adalah laki-laki. Kalau nama Dwi sih memang unisex lah ya…

Jadi jangan sok tahu dan asal menilai jenis kelamin orang. Nanti rugi sendiri loh… Sudah ngebayangin kayak apa nih cowok yang namanya Casper, seganteng apaaa??? Nyatanya, dia cuma seorang gadis berandal yang lebih cenderung gila daripada waras. Trus patah hati, trus ngerasa di-php-in, padahal ekspektasi sendiri yang berlebihan… oke, cukup. *inhale**exhale*

Satu lagi, di jaman yang serba text message ini tentunya kita seriiiiiiing sekali berhubungan dengan orang, ntah baru pertama ntah sudah berkali-kali, tanpa mengetahui seperti apa rupa dan suaranya. Hanya nama saja informasi yang kita punya. Saran saya, sebelum mengetahui dengan pasti apa jenis kelaminnya, sebaiknya hindari kata-kata berbau gender. Instead, gunakan kata acuan yang unisex. Misalnya, Yang, Say, Cin, atau Dear #sesat. Dengan begitu kita akan terhindar dari rasa malu karena salah sebut :p

Author:

a human being... trying to have a meaningful life...

Leave a Reply

